Basic tentang GoogleAdsense

Google Adsense

AWALNYA :
Beberapa tahun yang lalu, Google mulai menerima pemasangan iklan via banner dalam setiap proses pencarian via www.google.com. Google menyebut programnya ini dng nama : Google Adwords. Kemudian Google juga menawarkan kepada para pemilik website untuk ikut menampilkan iklan dari Google ini, dengan bayaran system bagi hasil 'pembayaran setiap klik' . Jadi jika pemasang iklan via Adwords membayar sekian dollar/sen kepada Google untuk setiap klik iklan mereka, maka sebagian akan diberikan ke pemilik website yang ikut program ini, disebut Google Adsense.

Dari pengamatan saya, member Google Adsense dibagi menjadi 2 macam :
1. websitenya yang menggantungkan 100% dari Adsense
2. adsense digunakan sebagai penghasilan tambahan dari content asli website itu.

Ciri-ciri no. 1 adalah isi website tidak adanya content yang kuat, misal: Blog kalau ciri no 2 adalah isi websitenya berisikan content yang jelas , misal : toko online, komunitas, product barang, dll.

SAAT MENDAFTAR KE GOOGLE ADSENSE :
- Sebelum mendaftar, siapkan website yang akan didaftarkan, berbahasa inggris lebih baik dari pada berbahasa indonesia. mempunyai domain sendiri lebih besar kans nya untuk diterima oleh google. Website ini hanya untuk saat pendaftaran, sebab kemudian hari adsense bisa terima sampai 200 website dalam satu account. Usahakan website sudah berisi dan jelas isinya saat mendaftar.
- Saat mengisi formulir, jangan memasukkan informasi yang salah atau fiktif! (ciri khas orang indonesia di internet..he..he), semua apa adanya, sebab ini nanti hubungannya dengan alamat pembayaran.
Nama dan alamat jangan sampai salah satu karakter-pun, sebab bisa merepotkan diri sendiri saat terima pembayaran (Cek), usahakan sama dengan alamat di KTP anda.

SETELAH PENDAFTARAN DITERIMA :
- Masukkan kode script adsense ke website anda.
- Promosikan website anda, cara promosi banyak sekali, bentuk promosi yang paling bagus adalah via Search Engine, ada 3 search engine yang paling penting : 1. Google, 2. Yahoo dan 3. MSN
- Jangan mencoba melakukan spam dng sering meng-clik website anda sendiri, jika ketahuan bisa di banned oleh system di GA (Google Adsense). System penentuan sah tidaknya suatu klik pada banner iklan adsense sudah dibuat lumayan canggih, tidak berdasarkan ip address saja, namun berdasarkan beberapa kriteria tertentu (yang kurang etis kalau saya jabarkan disini), jangan terfokus bagaimana meng-akali system di GA (he..he..ciri orang indonesia di internet lagi), fokus saja di promosi dan isi content website anda.

PEMBAYARAN OLEH GA :
- Saat total pendapatan anda di GA mencapai $50, maka akan dikirim pin untuk konfirmasi, namun ini tidak selalu ada, kalau tidak pernah terima pin tak masalah.
- Jika total pembayaran sudah mencapai diatas $100, maka GA akan segera membuatkan sebuah cek untuk anda, ke alamat anda saat mendaftar.
- Pengiriman cek oleh GA bisa dua macam :
1. via pos biasa (bisa sampai 2 bulan terimanya), untuk member GA dari Indonesia biasanya dikirim dari Malmo, Swedia. Pengiriman ini tanpa biaya (ditanggung oleh GA)
2. via courier (DHL/Fedex), waktunya hanya 5 hari sudah sampai, ada biaya : $24 untuk setiap kirim. Biasanya untuk member GA dari Indonesia dikirim dari Dublin, Irlandia
- Cek GA dari CItibank.
- Untuk proses pencarian bisa dilakukan di setiap bank ternama di indonesia (dng aturan sendiri2), proses cairnya sekitar 3 minggu dan ada biaya fee untuk bank itu (sekitar $10an)

LAIN-LAIN :
- Sejak pendapatan anda mencapai $100, jika via kantor pos, maka terima uangnya bisa makan waktu 4 bulan (1 bulan untuk proses di GA, 2 bulan untuk kirim pos, 1 bulan untuk pencairan), memang lama, namun anggap saja investasi jangka panjang.
- Jika pendapatan anda belum besar dan tergesa, lebih baik US$ dari GA di hold dulu (ada fasilitas ini di menu member), kumpulkan hasil dari beberapa bulan dulu , jika sudah dirasa besar jumlahnya, barulah minta dikirim!, kirim via DHL/Fedex lebih cepat dan lebih aman untuk jumlah yang besar.
- Jika pengiriman via kantor pos dan sampai 2 bulan belum tiba, anda bisa minta ganti cek, maka cek yang lama sudah tidak berlaku lagi. Cek hanya bisa dicairkan oleh nama yang tertera disitu, jadi aman.

0 Comments