Bingung Mau Kuliah Di Mana? Politeknik Bina Trada Semarang Pilihan yang tepat

 Kali ini kita punya informasi tentang PMB Online salah satu pilihan kampus di semarang yang peluang lulusanya di masa depan sangat prospektif. Namanya Politeknik Bina Trada Program Studi Teknik Elektromedik di Semarang. Langsung dibina oleh PMI Kota Semarang.  Yuk kita kepoin lebih lanjut.

Apa itu program studi teknik elektromedik?

Teknik Elektromedik adalah cabang dari rumpun ilmu teknik elektronika, yang merupakan kekhususan dari ilmu elektronika dan bidang multi disiplin ilmu lainnya (biomedical engineering, clinical engineering)  yang menerapkan berbagai metode enggineering, science dan perangkat teknik elektronika (electronika device) guna dimanfaatkan dalam pelayanan kesehatan.

Teknik elektromedik merupakan disiplin ilmu teknik yang menerapkan konsep, pengetahuan dan seluruh disiplin ilmu teknik lainnya, untuk menyelesaikan masalah dalam bidang biologi dan medis, melalui perancangan dan pengembangan fasilitas sistem alat (electronic divices) dalam mendukung prosedur diagnosa klinis.

Bagaimana pengakuan terhadap profesi ini?

Profesi Teknik Elektromedik sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang R.I Nomor: 36 Tahun 2014 Tenaga Kesehatan, bahwasannya tenaga teknik elektromedik diakui sebagai profesi tenaga kesehatan (Tenaga Keteknisan Medis).

Untuk Alumninya berada dalam satu wadah Organisasi Profesi Ikatan Ahli Teknik Elektromedik Indonesia (IKATEMI)

Bagaimana karir dan peluang kerja profesi ini?

Saat ini dengan jumlah ±2.800 rumah sakit dan hampir 10.000 Puskesmas, layanan fasilitas kesehatan lainnya serta ratusan perusahaaan dan industri alat kesehatan, dengan jumlah populasi lapangan kerja seluas itu, sampai saat ini Indonesia masih kekurangan  sekitar ± 42.00 tenaga elektromedik, dan baru tersedia sekitar ± 8.000 (data Ikatan Ahli Elektromedik Indonesia).

Sehingga permintaan tenaga profesi elektromedik ini masih cukup besar dan terbuka luas, seperti:

1. Teknisi lapangan Pabrikan Alat kesehatan

2. Teknisi lapangan distributor Alat Kesehatan

3. trainer Application di bidang Alat Kesehatan

4. Electromedical Consultant

5. Manajemen Manajerial Director/ bagian Perancana

6. Product Development Engineer

7. Medical device innovators designer

8. Freelance maintenance

9. Wirausaha Alat Kesehatan

Selengkapnya 

0 Comments